Tips Teknologi: 4 Opsi Hentikan Spam Call yang Mengganggu

Tips Teknologi: 4 Opsi Hentikan Spam Call yang Mengganggu

Panggilan spam seluler atau robocall telah mengganggu selama bertahun-tahun. Berdasarkan survei singkat yang dilakukan The Verge, beberapa orang rata-rata mendapatkan empat hingga enam robocall setiap hari.

Robocaller telah meningkatkan kemampuan mereka dengan menutupi spam dengan nomor telepon lokal. Kadang-kadang modus mereka lucu juga—seperti ketika pengguna mendapatkan pesan suara mengancam tentang penagihan utang dan lainnya—tapi sebagian besar itu adalah gangguan yang tidak diinginkan.

Sangat mudah bagi scammers ini untuk menggunakan kekuatan internet dan melancarkan panggilan yang tak terhitung jumlahnya. Dan bahkan jika hanya beberapa orang saja yang terjerat, mereka telah membuat keuntungan yang cukup untuk menutupi pengeluaran untuk panggilan-panggilan tersebut.

Diperkirakan, sepanjang 2019 lalu, ada lebih dari 50 miliar spam call di Amerika Serikat. Mereka terdiri dari robocaller, panggilan telepon otomatis yang direkam sebelumnya; spammer, penelepon yang tidak diinginkan yang mungkin menelepon tanpa pandang bulu ke sejumlah besar penerima, terkadang menyertakan penelepon yang telah diizinkan untuk menghubungi; fraud calls, entitas yang kemungkinan berpura-pura menjadi seseorang dengan niat jahat.

Ada beberapa cara untuk menghentikan panggilan-panggilan yang dirasa yang mengganggu itu. Berikut opsinya:

1. Blokir nomor satu per satu

Cara ini mungkin usaha yang sia-sia jika Anda bertujuan untuk sepenuhnya menghapus robocall. Tetapi jika ada nomor tertentu yang terus menelepon, cukup mudah untuk memblokirnya selamanya dari iPhone atau ponsel Android Anda.

Di iOS, cukup buka aplikasi Telepon, pilih Terbaru Anda, ketuk ikon informasi biru di sebelah kanan nomor yang ingin diblokir, dan pilih ‘Blokir Penelepon ini’. Untuk Android, prosesnya tidak jauh berbeda: buka bagian Terbaru dari aplikasi Telepon, tekan lama pada nomor yang mengganggu, dan pilih ‘Blokir’.

Sekali lagi, ini akan membutuhkan banyak kerja keras dari pihak pemilik ponsel untuk menjauhkan para spammer—dan itu tidak baik terhadap penelepon yang diblokir atau pribadi.

2. Minta operator untuk melindungi

Sebagian besar penyedia seluler utama atau operator telah mengambil langkah-langkah sebagai penghalang antara Anda dan penelepon yang mengganggu ini. Operator telah melakukan peningkatan jaringan di belakang layar, termasuk teknologi SHAKEN/STIR yang memverifikasi kapan panggilan itu sah dan menyingkirkan banyak nomor palsu yang mungkin didapatkan dari kode wilayah setempat.

Pada kenyataannya, panggilan tersebut mungkin datang dari seluruh dunia, dan penelepon robot mudah meniru nomor lokal. Semua operator utama Amerika menawarkan beberapa tingkat pemblokiran spam atau robocall secara gratis sebagai bagian dari paket nirkabel Anda.

12 Selanjutnya

3. Dengan aplikasi pihak ketiga

Ada sejumlah layanan, seperti Nomorobo, RoboKiller, dan Hiya, yang dirancang untuk mencegah robocall berdering di telepon Anda. Sebagian besar dari mereka memerlukan langganan bulanan (atau tahunan).

Pada intinya, layanan ini bergantung pada daftar robocaller, spammer, dan penipu yang terus diperbarui dan menggunakan database itu untuk menghentikan panggilan yang mengganggu. Aplikasi itu telah mengidentifikasi ribuan nomor buruk setiap hari dan bisa dimatikan sebelum masuk ke ponsel Anda.

Semuanya memungkinkan Anda untuk mempertahankan daftar hitam pribadi dari nomor-nomor yang mungkin mengganggu dan memasukkan daftar putih yang ingin dilewati. Beberapa bekerja dengan mengunduh daftar kontak khusus—terpisah dari kontak biasa—ke telepon Anda.

Tetapi baik iOS dan Android baru-baru ini memberikan layanan ini lebih banyak kelonggaran dalam mengambil kendali atas aplikasi ponsel dan menghentikan robocaller agar tidak pernah menghubungi Anda.

Di iPhone, Anda harus mengaktifkannya di aplikasi Pengaturan dan memberi mereka izin ID penelepon sebelum mereka dapat mulai bekerja. Apple menunjukkan cara melakukannya selangkah demi selangkah di sini .

4. Tergantung sistem operasi ponsel

Banyak ponsel Android—termasuk dari Samsung dan Google—memiliki opsi bawaan untuk menandai panggilan yang dicurigai sebagai spam. Jika Anda memiliki perangkat Google Pixel, seluruh layar akan berubah menjadi merah ketika seorang spammer menelepon Anda, yang merupakan cara mudah mengetahui untuk mengabaikan panggilan.

Di ponsel Pixel, Anda juga dapat mengetuk tiga titik di sudut kanan atas aplikasi Telepon, lalu membuka Pengaturan, lalu ID Penelepon & spam, kemudian dapat melihat ID spam dan memfilter panggilan spam. Ponsel lain akan memiliki fitur serupa.

Sementara iOS 13 memperkenalkan aplikasinya sendiri yang disebut Silence Unknown Callers, yang memblokir semua penelepon yang tidak ada dalam daftar kontak, belum melakukan kontak, atau belum mengirim SMS. Sebaliknya, panggilan tersebut akan langsung masuk ke pesan suara. Cukup mengaktifkannya dengan memilih Pengaturan, lalu Telepon, dan pilih Senyapkan Penelepon Tidak Dikenal.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "Tips Teknologi: 4 Opsi Hentikan Spam Call yang Mengganggu"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *