Studi Ungkap Efek Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Menyusui, Tak Ada yang Serius

Studi Ungkap Efek Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Menyusui, Tak Ada yang Serius

Ibu menyusui termasuk kelompok terakhir yang diizinkan mendapatkan vaksinasi Covid-19 selain ibu hamil dan anak-anak. Ketika akhirnya diperbolehkan, muncul kekhawatiran bahwa akan ada efek samping yang tidak menyenangkan bagi ibu ataupun bayi yang disusui.

Kini kekhawatiran itu tak lagi beralasan. Dilansir dari Times of India, Jumat, 10 September 2021, para peneliti melaporkan bahwa setelah divaksinasi dengan vaksin Pfizer dan Moderna, ibu menyusui menunjukkan efek samping yang serupa dengan wanita yang tidak menyusui. Bayi yang disusui juga tidak mengalami efek samping yang serius. Meskipun beberapa bayi yang disusui menunjukkan iritabilitas dan kurang tidur, efeknya hanya sebentar.

Studi ini diterbitkan dalam edisi online Breastfeeding Medicine di University of California San Diego School of Medicine. Kesimpulan ini diambil setelah para peneliti mengamati 180 wanita menyusui. Lebih dari 85 persen wanita melaporkan hanya mengalami gejala lokal sementara seperti nyeri, bengkak, dan gatal di tempat suntikan. Setelah dosis kedua, wanita yang menerima vaksin Moderna lebih mungkin mengalami gejala.

Sejumlah kecil ibu menyusui juga melaporkan berkurangnya pasokan susu, yang kembali normal dalam 72 jam setelah mendapat vaksin Covid-19. Semua efek samping vaksinasi bersifat jangka pendek, tetapi efektivitas vaksin sangat besar dalam memberikan perlindungan dari infeksi Covid-19.

Meski ada kemungkinan muncul efek samping ringan, ibu menyusui diminta tetap memberikan air susu ibu atau ASI ke bayinya. Menyusui memiliki manfaat yang sangat besar. Selain memberi banyak nutrisi, menyusui juga bermanfaat membangun sistem kekebalan yang lebih kuat. Jadi tak perlu memilih vaksinasi atau menyusui karena keduanya bisa dilakukan bersamaan.

Kekurangan penelitian ini adalah peserta melaporkan sendiri gejala pascavaksinasi sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah temuan ini berlaku untuk semua ibu menyusui.

Vaksinasi Covid-19 direkomendasikan untuk semua orang di atas usia 12 tahun, termasuk wanita hamil, ibu menyusui, dan wanita yang sedang menjalani program hamil.

#PakaiMasker #JagaJarak #CuciTangan #TetapdiRumah

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "Studi Ungkap Efek Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Menyusui, Tak Ada yang Serius"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *