Simak Tips Menggunakan Ban Serep yang Aman Saat Kondisi Darurat

Simak Tips Menggunakan Ban Serep yang Aman Saat Kondisi Darurat

Berkendara di jalanan, terutama saat cuaca buruk, dapat menimbulkan berbagai kondisi tidak terduga, salah satunya adalah kerusakan pada ban. Kondisi tersebut memaksa pengemudi untuk melakukan penggantian ban serep atau spare tyre.

Hal yang perlu diketahui pada pengendara mobil adalah ban serep atau ban cadangan cenderung lebih kecil, tipis, dan ringan dibanding ban biasa. Ban serep tidak boleh digunakan terus menerus atau harian karena memiliki tapak ban tipis akibat dari bentuknya dan harus memutar lebih banyak daripada biasanya yang dapat mengurangi durabilitasnya.

“Ban serep itu ibarat asuransi, yang meminimalisir besarnya kerugian yang dapat timbul akibat kondisi-kondisi berisiko seperti kecelakaan atau kehilangan kendali. Alangkah sangat baik jika Anda selalu menyiapkan ban ini di kendaraan Anda,” kata National Sales Manager Passenger Car Radial Hankook Tire Indonesia, Apriyanto Yuwono dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Selasa, 30 November 2021.

Berikut tips menggunakan ban serep yang aman saat kondisi darurat.

Setiap mobil pasti memiliki ban serep atau ban cadangan yang siap digunakan saat kondisi darurat. Namun ban serep ini sebaiknya digunakan sementara karena memiliki tapak dan keausan yang berbeda dari ban bawaan pabrik. Penggunaan ban serep dapat mengubah handling mobil dan hal tersebut dapat berpotensi buruk saat berkendara.

Saat menggunakan ban serep, hindari berkendara dengan kecepatan di atas 80 km/jam. Apabila tidak yakin berkendara menggunakan ban serep, lebih berkendara di jalur darurat atau gunakan lampu hazard di saat berkendara di malam hari.

Dalam buku panduan kendaraan, biasanya tertera spesifikasi durabilitas jarak yang bisa ditempuh menggunakan ban serep. Disarankan menggunakan ban serep sesuai anjuran karena apabila semakin jauh berkendara menggunakan ban serep, maka dapat memunculkan tekanan pada diferensial, roda gigi, dan pelat kopling yang bisa merusak mobil.

Penggunaan ban serep pada mobil dapat mempengaruhi sistem lain pada mobil. Menggunakan ban serep jelas mempengaruhi kendali mobil, khususnya saat melakukan pengereman dan cornering. Ban serep juga akan mematikan sistem keamanan kendaraan Anda seperti stabilitas kontrol elektronik dan kontrol traksi.

Pengemudi mobil harus mengecek ban serep secara berkala, terutama saat ingin bepergian jauh. Pastikan tekanan ban serep sudah sesuai dengan buku panduan, karena kondisi cuaca dan temperatur mempengaruhi tekanan ban meskipun tidak digunakan.

Pengemudi disarankan untuk mengganti ban serep dengan ban baru yang sudah diseimbangkan dan diseleraskan dengan ban lama oleh tenaga profesional. Perlu diingat bahwa ban serep hanya digunakan dalam situasi darurat, bukan untuk jangka panjang.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "Simak Tips Menggunakan Ban Serep yang Aman Saat Kondisi Darurat"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *