Rambut Rontok Berlebihan, Ini Cara Menemukan Penyebab dan Mengatasinya

Rambut Rontok Berlebihan, Ini Cara Menemukan Penyebab dan Mengatasinya

Pernahkah Anda melihat ke saluran pembuangan kamar mandi Anda saat mandi dan memperhatikan jumlah rambut yang mengkhawatirkan? Ya, Anda bisa saja secara tidak sengaja menggosok kulit kepala Anda terlalu keras dan menyebabkan folikel rambut Anda panik, tetapi bagaimana jika tanda kerontokan rambut ini sebenarnya berarti sesuatu yang lebih?

Kehilangan rambut setiap hari adalah hal yang normal. Faktanya, menurut American Academy of Dermatology Association, normal untuk kehilangan antara 50 hingga 100 helai rambut sehari. Dan menurut Medical News Today, alasan kerontokan ini adalah karena siklus pembaruan alami tubuh Anda. Tetapi jika Anda mulai memperhatikan bahwa rambut Anda rontok lebih banyak selama berminggu-minggu (yaitu di saluran pembuangan kamar mandi atau setelah menyisir rambut Anda), maka mungkin ada baiknya menyelidiki mengapa kejadian baru ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Sementara rata-rata orang kehilangan sekitar 50 hingga 100 helai rambut per hari, ahli trikologi salon, Penny James, mengatakan kepada InStyle bahwa lebih dari 150 helai rambut tidak normal. Dan karena ini jelas merupakan hal yang sulit untuk dihitung, penting untuk memperhatikan jumlah rambut yang tersisa di tangan Anda setelah keramas, di sikat, atau di bagian bawah lantai kamar mandi.

“Apa yang terjadi adalah siklus pertumbuhan alami yang dilalui rambut kita sangat kompleks,” jelas James. Secara total, ada tiga tahap berbeda yang dapat dialami rambut Anda: “Tahap pertumbuhan dikenal sebagai anagen, [di mana] 85 persen rambut kita berada dalam siklus pada satu waktu; ini bisa bertahan hingga enam tahun. Kemudian ada tahap istirahat, catagen, di mana 5 persen rambut Anda akan berada dalam fase ini dan bertahan hingga tiga minggu terakhir, tahap rontok disebut telogen, yaitu sekitar 10 persen rambut Anda siap secara alami rontok dari kepala dan rambut baru tumbuh. Rambut kita terus bekerja dalam siklus ini seumur hidup kita.”

Tetapi ahli trikologi bersertifikat BosleyMD, Gretchen Friese, menambahkan bahwa ada fase lain yang sering kita lalui di mana kita akan kehilangan lebih dari biasanya. Misalnya, salah satu dari waktu ini disebut “kerontokan musiman”, yaitu ketika perubahan suhu memicu folikel Anda untuk memasuki fase kerontokan. Namun, “Jika Anda merasa kehilangan rambut berlebih selama lebih dari sebulan, Anda mungkin ingin mencari obatnya,” Friese menekankan.

“Rambut rontok dapat disebabkan oleh stres, perubahan hormonal, persalinan, masalah tiroid, obat-obatan, kekurangan vitamin, penurunan berat badan yang berlebihan, dan beberapa gangguan autoimun,” kata Friese.

Jika Anda yakin rambut Anda telah rontok lebih dari tiga bulan, James memberikan daftar periksa untuk dipertimbangkan sebelum menghubungi dokter Anda.

Dalam tiga bulan terakhir Apakah Anda mengganti obat? Apakah Anda menggunakan obat baru? Apakah Anda mengalami keracunan makanan? Apakah Anda sudah diet ketat, apakah Anda sudah berhenti makan protein? Apakah Anda memiliki COVID-19? Apakah Anda pulih dari COVID-19? Apakah Anda sangat stres? Apakah Anda menopause? Apakah Anda sedang stres? Apakah Anda pernah sakit?

Jika Anda menjawab ya untuk salah satu pertanyaan di atas atau percaya bahwa sesuatu yang lebih serius mungkin tidak beres dengan tubuh Anda (yaitu masalah tiroid atau gangguan autoimun), penting untuk menghubungi profesional medis atau trichologist untuk mengetahui apa yang terjadi. “Pastikan Anda melakukan beberapa tes darah untuk menyingkirkan kondisi yang menggarisbawahi,” kata James. “Berbicara dengan ahli trikologi bisa sangat membantu untuk menentukan pekerjaan darah apa yang mungkin diperlukan.”

Tapi kabar baiknya adalah, setelah masalah telah diidentifikasi dan obat telah diberikan. Perlu diingat bahwa perlu waktu sekitar tiga bulan untuk memperbaikinya, karena rambut tumbuh dalam siklus tiga bulan. “Ketika ada kerontokan ekstra, siklus alami rambut terganggu dan rambut terdorong ke tahap telogen sebelum waktunya,” kata James. “Setelah Anda memperbaiki pola makan, kesehatan, dan pulih dari penyakit, rambut Anda akan kembali ke pola pertumbuhan normal. Ini akan memakan waktu tiga hingga enam bulan untuk melihat pertumbuhan baru.”

Karena ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin mengalami kerontokan rambut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan pengobatan pribadi. Namun, James mengatakan bahwa sebagian besar ahli trikologi merekomendasikan orang untuk memiliki pola makan yang seimbang, mengkonsumsi vitamin B, 6, dan 12, dan vitamin D setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan folikel. Pastikan Anda mencuci rambut secara teratur setidaknya tiga kali seminggu (untuk rambut keriting alami, seminggu sekali). Jika rambut Anda akan rontok, cucilah rambut Anda dua kali seminggu.

“Kesehatan kulit kepala sangat penting,” kata Friese. “Menjaga lingkungan yang sehat untuk pertumbuhan rambut adalah kuncinya. Pastikan Anda mencuci rambut dan kulit kepala secara teratur untuk menghindari penumpukan minyak, keringat, produk, dan kotoran. Kebanyakan orang tidak cukup membersihkan kulit kepala mereka.”

Juga, perhatikan bagaimana Anda mengatur rambut Anda. “Jangan menata rambut dengan ketat seperti sanggul, kuncir kuda, dan kepang ketat,” Friese menjelaskan. “Ketegangan pada folikel dapat menyebabkan kerontokan rambut. Sikat rambut dengan lembut. Gunakan detangler jika diperlukan agar tidak terlalu tegang saat menyikat.”

Namun, cobalah untuk tidak bergantung pada produk rambut yang menjanjikan untuk menumbuhkan kembali rambut Anda, kata James, karena seringkali menyesatkan. “Rambut kita adalah organ terkecil di tubuh kita; sangat kompleks. Rambut kita adalah serat yang perlu dipelihara dan dirawat.” Itu sebabnya dia merekomendasikan untuk menghubungi ahli trikologi untuk menyelesaikan masalah kerontokan rambut sehingga seorang ahli dapat merekomendasikan jenis perawatan rambut yang Anda perlukan.

Jika saat ini tidak ada hubungannya dengan ahli trikologi, James menyarankan untuk mencari tahu jenis rambut Anda dan berinvestasi dalam sampo dan kondisioner berkualitas tinggi. Atau Anda bisa memberikan perawatan rambut dan kulit kepala dengan minyak alami seperti lavender, rosemary, jojoba, almond, minyak alpukat. Ini dapat dicampur bersama dan digunakan sebagai perawatan kulit kepala dan rambut dengan mengoleskan langsung ke kulit kepala dan rambut, biarkan selama 20 menit, dan keramas dengan sangat baik. (Perawatan ini tidak boleh digunakan jika Anda memiliki kulit kepala berminyak alami.)”

Namun demikian, penting untuk diingat bahwa ada alasan mengapa rambut Anda rontok — dan pengobatan di rumah mungkin tidak berhasil. “Cari tahu mengapa kemudian ambil tindakan,” kata James.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "Rambut Rontok Berlebihan, Ini Cara Menemukan Penyebab dan Mengatasinya"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *