Mengidap Anemia? Bisa Konsumsi Asparagus untuk Tingkatkan Sel Darah Merah

Mengidap Anemia? Bisa Konsumsi Asparagus untuk Tingkatkan Sel Darah Merah

Kekurangan darah atau yang sering disebut dengan anemia merupakan masalah kesehatan yang muncul ketika sejumlah sel darah merah yang sehat dalam tubuh terlalu rendah.

Dilansir dari healthline.com, sel darah merah membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh, sehingga jumlah sel darah merah yang rendah menunjukkan bahwa jumlah oksigen dalam darah anda lebih rendah dari yang seharusnya.

Anemia diukur berdasarkan jumlah hemoglobin-protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Selain itu, anemia mempengaruhi lebih dari 1,6 miliar orang di dunia termasuk juga wanita dan orang dengan penyakit kronis seperti kanker memiliki risiko tertinggi terkena anemia.

Penyebab-penyebab dari anemia umumnya dibagi menjadi yang menurunkan produksi sel darah merah dan yang meningkatkan penghancuran sel darah merah, serta kekurangan zat besi adalah penyebab yang paling umum mengalami anemia.

Lalu bagaimana cara untuk memulihkan hal tersebut?. Hal itu tentu berdasarkan kebutuhan nutrisi harian anda seperti mengonsumsi jenis makan-makanan yang dapat membantu meningkatkan darah. Oleh karena itu, ada beberapa jenis makanan berikut ini yang dapat membantu meningkatkan sel darah merah anda, berikut penjelasannya.

1. Ikan, Daging, Unggas, Telur, dan Produk susu. Dalam beberapa bahan makanan berikut ini mengandung salah satu nutrisi yaitu vitamin B-12 yang berfungsi untuk menambah darah. Selain itu, dalam rekomendasikan harian seperti untuk orang dewasa vitamin B-12 yang dibutuhkan adalah sekitar 2,4 mcg. Sedangkan untuk wanita dan remaja yang sedang hamil, mereka membutuhkan 2 6 mcg per harinya dan mereka yang menyusui membutuhkan sekitar 2,8 mcg setiap hari. Bukan hanya itu, hati sapi dan kerang juga adalah dua sumber vitamin B-12 yang terbaik.

2. Kacang-kacangan, bayam, dan kacang polong. Kekurangan zat besi adalah masalah paling umum yang menjadi penyebab utama seseorag mengalami anemia atau kekurangan darah seperti yanh dijelaskan sebelumnya. Namun hal itu bisa kita dapatkan pada bahan makanan seperti kacang-kacangan, bayam, dan juga kacang polong.

3. Hati sapi dan asparagus. Selain nutrisi dari B-12 dan Zat besi, ternyata folat juga dapat membantu meningkatkan darah. Folat adalah bentuk asam folat yang terjadi secara alami di dalam tubuh. Dan hal tersebut terdapat pada hati sapi dan juga asparagus. Jika diperhatikan kebutuhan setiap orang pada folat memiliki ukurannya sendiri seperti pria dan wanita yang berusia diatas 14 tahun membutuhkan sekitar 400 mikrogram setara folat diet atau mcg/DFE per hari.

Sedangkan untuk ibu hamil atau menyusui untuk menghindari anemia, asupan yang dianjurkan masing-masingnya meningkat sekitar 600 mcg/DFE dan 500 mcg/DFE perhari.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "Mengidap Anemia? Bisa Konsumsi Asparagus untuk Tingkatkan Sel Darah Merah"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *