Mengenal Lethologica, Kesulitan Seseorang Mendapatkan Informasi dari Memori Otak

Mengenal Lethologica, Kesulitan Seseorang Mendapatkan Informasi dari Memori Otak

Pernahkah Anda diberi pertanyaan yang sebenarnya Anda tahu jawabannya tetapi sulit dalam mengingat maupun menyampaikannya? Fenomena ini disebut lethologica. Dilansir dari laman Verywell Mind, psikolog mendefinisikan fenomena ini sebagai kesulitan seseorang dalam mendapatkan informasi dari memori.

Dikutip dari laman BBC, lethologica merupakan kata turunan dari Bahasa Yunani klasik, yaitu lethe (lupa) dan logos (kata). Dalam mitologi Yunani, lethe juga merupakan sungai yang diminum oleh arwah yang sudah meninggal supaya mereka lupa akan kenangannya di dunia.

Meskipun Anda mengetahui informasi yang Anda cari, hal tersebut seolah jauh dari jangkauan. Perasaan ini dapat membuat frustasi jika Anda mengalaminya, tetapi fenomena ini menarik untuk dipelajari oleh para peneliti. Berikut beberapa fakta mengenai lethologica:

Sering kali, proses lethologica terjadi begitu cepat sehingga Anda jarang memikirkannya. Anda memikirkan suatu hal, otak memberikan daftar kata-kata yang merepresentasikan ide abstrak yang Anda pikirkan, lalu Anda mengatakan hal yang Anda pikirkan. Karena prosesnya yang rumit, banyak kesalahan yang dapat terjadi, termasuk momen ketika Anda berucap.

Ilmuwan percaya lethologica disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya kelelahan. Meskipun demikian, kualitas penyimpanan memori dan ada tidaknya memori yang mengganggu juga berpengaruh.

Menurut beberapa teori, lethologica bukan merupakan masalah, melainkan sebuah pertanda bagi Anda mengenai terjadinya masalah di sistem pengambilan memori. Jika hal ini terjadi, Anda harus dapat mengingat lebih baik lagi, terutama saat sebelum pelaksanaan ujian. Seberapa baik Anda dapat mengingat informasi tergantung pada seberapa penting informasi tersebut terhadap informasi lainnya.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "Mengenal Lethologica, Kesulitan Seseorang Mendapatkan Informasi dari Memori Otak"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *