Dapat Menyerang Secara Mendadak, Waspadai Gejala Stroke Berikut

Dapat Menyerang Secara Mendadak, Waspadai Gejala Stroke Berikut

Stroke atau yang juga disebut sebagai brain attack (serangan otak) merupakan gangguan fungsional pada otak, baik secara lokal maupun global karena adanya hambatan saat peredaran darah ke otak.

Melansir dari digilib.unimus.ac.id, terganggunya peredaran darah menyebabkan otak kekurangan oksigen dan zat makanan sehingga menimbulkan kematian sel. Fungsi otak yang hilang ini dapat memicu terjadinya stroke.

Namun, tidak sedikit orang yang belum memahami gejala penyakit stroke. Di Indonesia, sebagaimana dijelaskan laman chbp.fk.ugm.ac.id, sebanyak 80 persen masyarakat Indonesia tidak mengetahui gejala penyakit stroke. Padahal, sebanyak 1,09 persen penduduk Indonesia berusia di atas 15 tahun terkena stroke, sebagaimana dicatat oleh Riset Kesehatan Dasar Nasional Tahun 2018.

Melansir dari chbp.fk.ugm.ac.id, meskipun terdapat beragam faktor yang memengaruhi terjadinya stroke, tetapi sebagian besar risiko stroke terjadi karena tidak terkontrolnya tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, gula darah (diabetes mellitus), merokok, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik.

Sebagaimana dijelaskan World Health Organization (WHO), stroke merupakan jenis penyakit dengan adanya tanda-tanda klinik yang berkembang pesat dan muncul secara mendadak. Keterlambatan dalam melakukan pengobatan stroke bisa meningkatkan risiko disabilitas permanen atau bahkan kematian. Karena itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala stroke.

Mengutip dari p2ptm.kemkes.go.id, mengenai gejala stroke, Kementerian Kesehatan mengeluarkan sebuah slogan bernama SeGeRa Ke RS. Adapun slogan ini merupakan kepanjangan dari:

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "Dapat Menyerang Secara Mendadak, Waspadai Gejala Stroke Berikut"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *