Berapa Lama Harus Menunggu Antara Menerapkan Produk Perawatan Kulit?

Berapa Lama Harus Menunggu Antara Menerapkan Produk Perawatan Kulit?

Bagi orang yang menerapkan beberapa langkah perawatan kulit, muncul pertanyaan bagaimana cara terbaik untuk memaksimalkan efisiensi setiap lapisnya. Apakah butuh waktu untuk toner, serum, esens, dan krim wajah untuk menyerap sebelum dilapisi dengan produk lain?

Pertanyaan yang sama banyak diterima dokter kulit. Selain mengetahui urutan pemakaian yang benar, sudah saatnya mengetahui waktu yang dibutuhkan antara setiap langkah agar setiap produk menyerap optimal.

Menurut dokter kulit, waktu yang dibutuhkan produk perawatan kulit untuk menembus kulit bervariasi, tergantung pada jenis dan kualitas produk.

Tak banyak penelitian tentang topik ini. Tidak ada pula penelitian yang membuktikan menunggu dalam jangka waktu tertentu membuat produk lebih efektif, kata Kristina Goldenberg, dokter kulit bersertifikat di New York, kepada Allure.

Kim Nichols, dokter kulit bersertifikat di Greenwich, Connecticut, mengatakan bahwa setiap produk harus menyerap sebelum melanjutkan ke produk berikutnya.

“Tekstur produk tertentu dapat menggulung jika Anda menerapkannya langsung setelah produk lain,” jelasnya.

Ditambah menunggu dapat membantu produk yang dirancang untuk tempat tertentu, seperti perawatan spot pada noda atau krim bawah mata, menembus kulit lebih baik.

Karena tak ada jawaban yang tepat, ini panduan singkat tentang jangka waktu yang disarankan oleh dokter kulit untuk produk perawatan kulit tertentu.

Obat jerawat: 1 menit

Resep obat topikal, terutama obat jerawat, pasti membutuhkan waktu tunggu. Krim atau salep harus menyerap sepenuhnya ke dalam kulit sebelum memakai serum dan pelembab, kata Shah.

Dendy Engelman, seorang dokter kulit bersertifikat New York menambahkan perawatan jerawat perlu satu menit untuk menyerap di kulit sebelum mengoleskan krim di atasnya agar bahan aktif mulai bekerja.

Retinol: 0 detik

Semakin baik kualitas suatu produk, semakin cepat pula diserap kulit. Saat menggunakan produk berkualitas tinggi, seperti retinol, waktu tunggu lebih kecil bahkan mungkin tidak ada karena formula ini memiliki bahan kimia yang bisa bercampur dan menyerap lebih cepat ke dalam kulit, kata Harold Lancer, dokter kulit bersertifikat di Beverly Hills.

Serum dan pelembap: 1 menit

Goldenberg menyarankan waktu antara serum dan pelembap adalah sekitar satu menit. Waktu ini memberi kesempatan produk untuk menembus pori-pori.

Tabir surya: 1 menit

Tabir surya juga butuh waktu agak lama untuk diserap sebelum dilapisi produk lain. “Ketika tabir surya dicampur dengan produk lain, itu menjadi encer dan kurang efektif,” kata Sejal Shah, dokter kulit bersertifikat di New York City.

Itu sebabnya SPF sering disarankan menjadi lapisan terakhir dari rutinitas perawatan kulit pagi. Para profesional menyarankan untuk menunggu sebentar di antara pengaplikasian pelembap dan tabir surya agar masing-masing dapat menembus kulit dan mengering.

Lalu bagaimana dengan urutan pemakaiannya? Para ahli setuju urutan pemakaian produk lebih penting daripada waktu tunggunya. Engelman mengatakan, jika ingin menggunakan produk berlapis-lapis, mulailah dengan molekul terkecil dan secara bertahap menjadi lebih besar.

“Aturan praktis yang baik adalah memulai dengan produk perawatan kulit yang paling ringan dan diakhiri dengan yang paling tebal agar setiap lapisan diserap sepenuhnya oleh kulit.”

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Harus Menunggu Antara Menerapkan Produk Perawatan Kulit?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *