Air Sumur di Rumah Anda Kotor, Ini 3 Cara Menjernihkannya

Air Sumur di Rumah Anda Kotor, Ini 3 Cara Menjernihkannya

Air merupakan kebutuhan bagi semua masyarakat yang ada di negara mana pun, yang di gunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, membersihkan lantai, bahkan untuk minum dan memasak. Tetapi air yang digunakan untuk memasak dan minum menggunakan sumber air dari air sumur atau PAM.

Tetapi ada permasalahan yang terjadi pada air PAM yaitu yang biasanya air berbau kaporit. Mengingat bahan kimia ini seringkali digunakan untuk membuat air terhindar dari lumut, bakteri dan mikro organisme lainnya. Lebih banyak lagi permasalahan sumber air yang diambil dari sumur, ada berbagai macam penyebab kotornya air sumur.

Berikut ini 3 cara menjernihkan air sumur yang kotor:

1. Menggunakan zat kimia

Untuk menjernihkan serta menghilangkan bau tak sedap pada air sumur bisa menggunakan kaporit atau sodium hipoklorit. Namun penggunaannya tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan terganggunya kesehatan jika digunakan berlebihan.

2. Menggunakan bahan alami

Selain bahan yang mengandung zat kimia, bahan alami sepenuhnya juga dapat menjadi pilihan anda ketika ingin membersihkan air sumur yang kotor. Misalnya menggunakan tawas yang mudah Anda peroleh di toko bahan bangunan.

Untuk cara penggunaannya, yakni dengan menghaluskan tawas terlebih dahulu, kemudian masukkan tawas ke dalam wadah yang berisi air dengan takaran 1 kilogram tawas untuk 1000 liter air, lalu aduk hingga tawas tersebut larut.

Air tawas yang sudah selesai dibuat itu lalu dituangkan ke dalam sumur. Jika air sumur belum jernih, tambahkan lagi air tawas dengan jumlah setengahnya atau bahkan jumlah yang sama.

Selain tawas, bahan alami yang bisa digunakan untuk menjernihkan sumur yang kotor adalah arang kelapa. Batok kelapa mengandung karbon aktif sehingga dapat mengikat kotoran dan cara ini seringkali dianggap cara yang ampuh untuk menjernihkan air.

3. Menggunakan filter

Penggunaan filter air, menurut cdc.org, dapat menghilangkan proses biologis, zat kimia, bahkan kotoran. Pemasangan filter air dapat dilkukan jika anda menggunakan pompa air.

Terdapat dua cara dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, yakni pertama dengan memasang filter air menuju tempat penampungan air. Kekurangan dari cara ini yaitu pengambilan air oleh mesin dapat menjadi lebih lama. Cara kedua dengan memasang filter air dari bak penampungan, namun kekurangan cara ini adalah bisa saja membuat bak penampungan menjadi lebih kotor dari sebelumnya.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "Air Sumur di Rumah Anda Kotor, Ini 3 Cara Menjernihkannya"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *