7 Cara Menghalau Keinginan Makan Makanan Tidak Sehat

7 Cara Menghalau Keinginan Makan Makanan Tidak Sehat

Setiap kali kita memiliki keinginan untuk makan sesuatu, kemungkinan besar kita mengincar makanan yang tidak sehat, makanan manis dan makanan yang diproses. Rasa lapar kita langsung melekat pada gagasan makan junk food yang tidak diragukan lagi lezat, tetapi bisa berbahaya bagi tubuh kita dalam banyak hal. Terkadang alih-alih memuaskan hasrat kita, itu mengarah pada makan berlebihan, yang semakin meningkatkan peluang kenaikan berat badan dan atau memengaruhi metabolisme kita.

Padahal sangat penting bagi kita untuk mengawasi makanan yang kita makan dan berlatih makan dengan penuh perhatian setiap saat. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari cara untuk mengekang keinginan Anda akan makanan yang tidak sehat, diproses, dan bergula, berikut adalah beberapa tips dan trik yang efektif, seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Makan gandum utuh dan makanan kaya seratSolusi terbaik adalah makan makanan bergizi, kaya serat yang mengenyangkan dan sehat pada saat yang bersamaan. Makanan gandum utuh membuat pertukaran makanan sehat dan baik yang dapat membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan juga dapat membantu Anda menghindari makanan olahan yang tidak sehat. Makanan seperti itu juga dapat memainkan peran besar dalam mencegah penyakit kronis. Nasi merah, pasta gandum utuh, dan roti adalah alternatif bagus yang bisa Anda gunakan.

2. Jadikan air sebagai minuman pilihanmu

Minum banyak air dan tetap terhidrasi memiliki keuntungan tersendiri. Tetapi ketika harus menahan rasa lapar Anda akan makanan yang tidak sehat, itu bisa menjadi keajaiban. Air dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dan lebih puas untuk waktu yang lama. Minum segelas air sebelum makan dapat mencegah Anda makan berlebihan, yang pada gilirannya dapat membantu proses penurunan berat badan Anda. Selain itu, karena Anda cenderung kenyang setelah minum air, Anda akan lebih mampu menghindari makanan yang tidak sehat.

3. Perbanyak protein

Makanan kaya protein dapat membuat Anda merasa kenyang secara instan. Mereka memberi Anda energi yang Anda butuhkan dan juga memuaskan rasa lapar Anda. Selain itu, mereka membantu membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama dan mengurangi nafsu makan, yang secara otomatis mengontrol keinginan Anda untuk makanan yang tidak sehat. Selain daging tanpa lemak dan produk unggas, Anda bisa makan semua jenis susu dan juga beralih ke makanan laut.

4. Jangan menimbun makanan ringan yang tidak sehat

Seringkali saat di rumah, lebih banyak mengkonsumsi makanan ringan yang tidak sehat dan ketika lapar. Itu karena Anda sudah terlalu lama kelaparan. Penting bagi Anda untuk makan makanan bergizi yang cukup pada waktu makan Anda dan jangan menunggu rasa lapar datang. Selain itu, camilan tidak sehat yang biasanya tersedia di rumah mana pun tampaknya merupakan pilihan terbaik. Untuk menghindari beralih ke makan makanan sehat, jangan membelinya sama sekali. Sebaiknya simpan beberapa kacang sehat, buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar.

5. Mengikuti rencana makan sehat

Berpegang teguh pada rutinitas sangat penting, terutama ketika Anda mencoba untuk menjauh dari keinginan makanan tidak sehat. Melewatkan waktu makan hanya akan membuat Anda lebih rentan terhadap rasa lapar, yang mengarah pada asupan makanan yang tidak sehat. Jadi untuk menghindarinya, makanlah tepat waktu. Jangan melewatkan sarapan dan tetap makan di antara interval makan. Mengunyah makanan yang mengenyangkan akan mengurangi rasa lapar Anda untuk jangka waktu yang lama. Ingatlah untuk tetap berpegang pada rencana makan sehat dan memiliki makanan sehat untuk semua makanan Anda.

6. Jangan stres

Saat Anda stres, tubuh Anda melepaskan hormon yang disebut kortisol, yang meningkatkan keinginan Anda untuk makan dan meningkatkan rasa lapar Anda. Stres makan bisa menjadi masalah utama karena kebanyakan orang memilih makanan yang tidak sehat dan manis. Karena itu, penting bagi Anda untuk menemukan cara untuk mengurangi tingkat stres dan menenangkan saraf Anda. Berlatih yoga atau meditasi dan makan makanan penurun stres yang sehat dan penuh dengan sifat antioksidan.

7. Tidur yang cukup adalah kuncinya

Kurang tidur dapat meningkatkan keinginan makan larut malam dan juga menyebabkan pola makan yang tidak sehat. Begadang di malam hari dapat memicu hasrat Anda dan mungkin memaksa Anda untuk mengeluarkan sekantong keripik. Sebaliknya jika Anda tidur lebih awal dan bangun lebih awal, Anda dapat tetap pada pola makan yang teratur dan makan makanan sehat yang dapat membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lama.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "7 Cara Menghalau Keinginan Makan Makanan Tidak Sehat"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *