6 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Agar Anak Sehat dan Bahagia

6 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Agar Anak Sehat dan Bahagia

Sebagai orang tua pasti Anda menginginkan anak-anak tumbuh dengan baik. Anda akan mencari cara bagaimana menjadi orang tua terbaik untuk anak semaksimal mungkin. Banyak tips yang menyarankan bahwa salah satu yang anak butuhkan adalah hal-hal materialistis. Tapi kenyataannya yang anak-anak inginkan adalah waktu orang tua mereka.

Sebagai orang tua, Anda tentu sibuk dengan aktivitas seperti pekerjaan, pergaulan, hiburan dan lainnya. Namun, itu semua berarti Anda harus lebih memprioritaskan keluarga Anda. Melansir laman Your Tango, Lianne Avila, terapis Pernikahan dan Keluarga mengatakan mulailah dengan bertanya kepada anak Anda dengan pertanyaan bagaimana hari mereka. Jika mereka hanya menjawab “Berjalan dengan baik,” Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan spesifik setelahnya tentang apakah itu baik atau buruk, permainan apa yang akan mereka lakukan saat sedang istirahat, dan semacamnya.

Berikut beberapa nasihat orang tua untuk membesarkan anak-anak yang sehat dan bahagia

1. Berikan sentuhan

Sentuhan merupakan cara kita terhubung sebagai manusia. Sentuh anak Anda, pegang dia. Jangan percaya pada metode membiarkan mereka menangis, karena itu akan membuat anak Anda merasa sendirian dan tidak aman. Seiring bertambah usia, menari dan bermain dengan anak-anak Anda lah yang akan paling mereka ingat.

2. Menumbuhkan budaya bersyukur

Anda harus tau hal-hal apa yang Anda syukuri. Mulailah dengan hal sederhana seperti rumah Anda dan tempat tidur yang hangat. Ini akan membantu menumbuhkan rasa syukur dalam keluarga Anda.

Anak Anda belajar dari apa yang dilakukan dan katakan. Jika Anda mulai menumbuhkan sikap syukur dari Anda sendiri, itu akan membantu menciptakan rasa belas kasih dan harapan pada sang anak. Dengan cara ini anak Anda bisa menulis atau menggambar ketika mereka merasa bersyukur dan semua orang dapat melihatnya.

3. Bernyanyilah untuk anak Anda

Mereka pasti senang mendengar suara Anda. Jangan khawatir dengan suara Anda, yang terpenting Anda bernyanyi untuk mereka. Ketika anak-anak masih kecil mereka cenderung akan menyandungkan sebuah lagu. Lain kali Anda bisa melakukannya bersama-sama. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk bisa menjalin hubungan dengan anak Anda.

4. Nikmati “kekacauan” bersama

Jika Anda terlalu khawatir tentang kekacauan yang ada, Anda akan kehilangan momen-momen kebahagiaan bersama anak Anda. Mereka tumbuh dengan cepat, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang masalah yang mereka lakukan saat kecil.

Berhentilah mengkhawatirkan apa yang akan dipikirkan teman dan keluarga saat membuat keputusan. Yang terpenting adalah apa yang anak Anda pikirkan karena saat mereka dewasa mereka tidak akan mengingat kekacauan itu, mereka akan mengingat Anda.

5. Tambahkan hal-hal positif dalam rutinitas harian

Tegaskanlah pilihan positif yang dibuat anak Anda. Misalnya dengan kata-kata atau bahasa tubuh. Senyum sederhana akan membuat meteka tahu bahwa Anda menyetujui pilihan mereka. Bersikaplah terbuka terhadap ide-ide anak Anda dan biarkan mereka mencoba hal-hal baru. Anak-anak pasti berpikir keras maka itu pastikan Anda mendukung setiap pilihan postif yang dipilih oleh mereka.

6. Menjelajahi dunia bersama

Luangkan setiap minggu untuk mempelajari hal baru dengan anak Anda. Ikuti kelas masak bersama anak Anda atau kelas dansa, dan semisal lainnya. Dengan begitu, anak Anda akan melihat bahwa Anda memiliki perjuangan yang sama dengan mereka. Ini juga membuat anak Anda tau bahwa Anda tidak harus sempurna.

Penting untuk diingat, bahwa semua orang tua yang baik pasti terdapat kesalahan. Yang penting adalah Anda memperbaiki dan belajar dari kesalahan itu. Ini akan membantu mereka belajar bahwa tidak apa-apa jika melakukan kesalahan.

Cobalah untuk tidak terjebak di masa lalu atau terlalu khawatir tentang masa depan karena Anda tidak bisa kembali ke masa lalu dan tidak bisa mempresiksikan masa depan. Dengan begitu, tetap nikmati masa sekarang, nikmati waktu yang Anda miliki bersama keluarga.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "6 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Agar Anak Sehat dan Bahagia"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *