6 Cara Membantu Teman yang Mengalami Kecemasan

6 Cara Membantu Teman yang Mengalami Kecemasan

Memiliki teman yang didiagnosis kecemasan kadang membuat Anda stres. Jika Anda tidak memiliki kecemasan, mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana merespons ketika Anda melihat teman Anda berjuang. Sangat menggoda untuk mengabaikan situasi dan mengatakan sesuatu seperti, “Tidak apa-apa, tidak perlu stres,” tetapi, seperti yang dikatakan psikolog klinis Dr. Georgia Witkin, hal itu tidak terlalu membantu.

“Pada akhirnya, saya menemukan dengan pasien saya (dan bahkan saya sendiri!) bahwa kita hanya mendengarkan nasihat yang kita berikan kepada diri kita sendiri—bukan nasihat dari teman, rekan kerja, keluarga, dan lainnya,” kata Dr. Witkin seperti dilansir dari laman Purewow. “Jadi jika kita cemas, kemungkinan besar kita sudah mengatakan pada diri sendiri untuk santai dan tidak, atau tidak bisa, mendengarkan.” Meminta seseorang mengulangi apa yang telah kita katakan kepada diri kita sendiri, catatnya, hanya menambah tekanan tambahan yang tidak diinginkan.

Itu tidak berarti tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk membantu teman Anda. Berikut ini enam cara yang benar-benar membantu untuk bereaksi terhadap teman yang mengalami kecemasan tanpa meremehkan perasaannya.

6 Cara Bereaksi terhadap Kecemasan Seseorang

1. Biarkan Mereka Berbicara, Lalu Ulangi Apa yang Mereka Katakan

Alih-alih melompat untuk menawarkan nasihat, tujuan utamanya adalah mendengarkan dan kemudian mengulangi kekhawatiran mereka kembali kepada mereka. Ini tidak hanya menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan biasanya berusaha membantu, tetapi juga membantu mereka menerima perasaan mereka. Per Dr. Witkin, “Terkadang kita tidak menyadari apa yang kita katakan sampai seseorang memantulkannya kembali kepada kita!”

2. Ajukan Pertanyaan untuk Memahami Perasaan Mereka Lebih Baik

Penting untuk diklarifikasi bahwa ini bukan untuk mengajar atau mempermalukan. Alih-alih mengatakan “Bagaimana Anda bisa berpikir seperti itu?” coba sesuatu seperti, “Bisakah Anda memberi tahu saya lebih banyak tentang apa yang membuat Anda cemas?” Dan kemudian mendengarkan daripada segera menyiapkan tanggapan. “Ini membantu Anda untuk fokus memahami perasaan mereka sepenuhnya,” jelas Dr. Witkin. “Setelah Anda meluangkan waktu untuk mendengarkan dan memproses apa yang mereka katakan dan rasakan, Anda dapat memberi tahu mereka bahwa mereka baik-baik saja dan bahwa Anda ada di sini untuk membantu sebanyak mereka membutuhkan Anda.”

3. Tanyakan Apa yang Membuat Mereka Merasa Lebih Baik

Kecuali Anda bertanya apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu, Anda tidak akan secara ajaib tahu bagaimana membuat semua masalah mereka hilang. Dr. Witkin menunjukkan bahwa itu bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti mereka hanya ingin Anda mendengarkan, atau mungkin mereka membutuhkan bantuan dengan sesuatu yang lebih nyata, seperti menjemput anak-anak mereka atau membawakan makan malam. Intinya, selalu bertanya.

4. Jangan Mencoba “Memperbaiki” Masalah

“Ketika Anda melakukan ini, Anda mungkin terdengar seperti mencoba mengambil alih dan meningkatkan rasa ketidakberdayaan dan frustrasi mereka,” ujar Dr. Witkin. Mendengarkan sama kuatnya. Plus, kemungkinan mereka sudah mengambil beberapa langkah untuk merasa lebih baik, dan dengan asumsi bahwa Anda dapat masuk dan menyelamatkan hari meremehkan semua hal yang telah mereka lakukan.

5. Tindak Lanjut

Setelah situasi dinetralkan, itu tidak berarti Anda harus pindah dan tidak pernah membicarakannya lagi. Alih-alih, beri tahu teman Anda bahwa Anda akan memeriksanya untuk memastikan mereka baik-baik saja (dan tidak apa-apa jika mereka ingin menghubungi lagi). “Mereka perlu tahu Anda ada di sana, terutama ketika mereka merasa seperti menjadi beban,” kata Dr. Witkin kepada kami.

6. Hindari Klise

Bahkan jika itu benar-benar persis seperti yang Anda rasakan, Dr. Witkin menekankan bahwa klise tidak terdengar tulus. Sederhana, “Saya ikut sedih mendengar yang Anda rasakan,” cenderung menjadi penghiburan bagi kebanyakan orang.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "6 Cara Membantu Teman yang Mengalami Kecemasan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *