5 Tips untuk Orang Tua Membantu Anak yang Insecure

5 Tips untuk Orang Tua Membantu Anak yang Insecure

Tidak ada orang yang terlahir tidak percaya diri atau kurang percaya diri. Penolakan, kritik, kata-kata tidak baik adalah apa yang menimpa seseorang, membuat mereka merasa atau kurang memikirkan diri mereka sendiri. Anak-anak juga bisa rentan terhadap kejadian di mana mereka kehilangan harga diri dan menjadi insecure.

Sebab itu orang tua harus selalu ada untuk anak-anak mereka, untuk mengangkat mereka dan membuat mereka merasa lebih diinginkan, lebih dicintai. Tidak peduli seberapa keras kepala dan tidak dapat dihibur mereka, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda yang insecure dan membuat mereka lebih percaya diri dalam hidup, seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Temukan penyebab insecure mereka, tawarkan bantuan

Orang tua harus berkomunikasi dengan anak-anak mereka dengan segala cara. Dalam kasus anak yang insecure, itu menjadi semakin penting. Hanya ketika Anda mengadakan percakapan, Anda akan dapat menemukan sumber insecure mereka. Setelah Anda melakukannya, Anda dapat menawarkan untuk membantu mereka, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka dan bahkan menemukan berbagai cara untuk membantu mereka merasa lebih percaya diri, terangkat, dan tidak terlalu insecure.

2. Ajari mereka untuk mencintai diri sendiri

Tidak peduli berapa banyak kesalahan yang dibuat anak Anda, bimbing mereka melalui proses dan beri tahu mereka apa yang dapat mereka pelajari dari setiap kesalahan itu. Jangan biarkan mereka memanjakan diri dalam mengasihani diri sendiri dan rasa bersalah, yang dapat menyebabkan rasa insecure mereka. Ajari mereka cara mencintai diri sendiri dan jangan biarkan kritik, emosi, dan komentar orang lain mengenai mereka.

3. Awasi pergerakan media sosial mereka

Platform media sosial dapat menjadi faktor yang berkontribusi besar terhadap rasa insecure anak Anda. Baik dalam bentuk komentar kritis atau penilaian negatif anak Anda dapat terpengaruh oleh hal-hal ini. Karena itu, pastikan Anda tahu apa yang terjadi dalam kehidupan pribadi dan sosial mereka. Namun, jangan mengganggu ruang mereka dan membuat mereka merasa tidak nyaman.

4. Pastikan Anda baik kepada mereka

Orang tua yang baik tidak pernah menggunakan kata-kata kasar untuk meluruskan anak-anak mereka. Alih-alih bersikap baik dan menunjukkan cinta tanpa syarat adalah cara Anda memenangkan mereka ke pihak Anda. Ketika berbicara tentang anak yang merasa insecure, bersikap kritis terhadap mereka dan mengomeli mereka untuk semua upaya mereka adalah yang membuat lebih banyak beban di pikiran mereka. Sebab itu, alih-alih menggunakan cara pengasuhan yang tidak produktif dan kejam, akui upaya mereka dan dorong mereka untuk menjadi lebih baik.

5. Bangun ruang yang aman dan penuh kasih sayang di rumah

Cara terbaik untuk membantu anak Anda mengatasi insecure mereka adalah dengan menciptakan ruang yang aman dan penuh kasih sayang untuk mereka di rumah. Jangan membebani mereka dengan tantangan yang Anda hadapi sebagai orang tua, melainkan lindungi mereka dari semua energi negatif. Sambil membuat mereka sadar akan realitas dunia dan mempersiapkan mereka untuk kompetisi di masa depan, juga welas alis terhadap mereka.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "5 Tips untuk Orang Tua Membantu Anak yang Insecure"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *