5 Hal Soal Keamanan Data Pribadi di Aplikasi PeduliLindungi

5 Hal Soal Keamanan Data Pribadi di Aplikasi PeduliLindungi

Pemerintah memperluas penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk tracing Covid-19, dari masuk mal hingga transportasi publik. Tapi sebelum mendaftar di aplikasi ini, pengguna akan dimintai persetujuan terkait syarat penggunaan dan kebijakan privasi.

“Dengan mendaftarkan ke/dan menggunakan aplikasi kami, Anda mengakui secara sadar bahwa Anda telah membaca serta menyetujui kebijakan kerahasiaan,” demikian tertulis di laman resmi pedulilindungi.id, dikutip pada Sabtu, 29 Agustus 2021.

Total ada 11 poin penjelasan soal kebijakan kerahasiaan dalam aplikasi yang dikembangkan pemerintah bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ini. Berikut beberapa di antaranya, kebijakan terkait penggunaan data pribadi pengguna.

Nama, Nomor HP, sampai Lokasi

Pertama, aplikasi ini akan mengumpulkan informasi saat registrasi yaitu nama, nomor HP, serta lokasi dan waktu registrasi. Kedua, aplikasi ini juga akan menyimpan informasi perangkat perjalanan pengguna selama aplikasi terunduh.

“PeduliLindungi akan menggunakan informasi mengenai lokasi Anda, saat menggunakan aplikasi maupun tidak,” demikian keterangan yang tertulis.

Selain itu, aplikasi ini akan meminta izin akses untuk menggunakan kamera, galeri, dan files saat menggunakan beberapa layanan. Contohnya seperti saat mengubah foto profil, mengunduh sertifikat e-HAC, hingga mengisi e-HAC.

Tapi, pengguna dapat membatalkan izin akses yang digunakan oleh PeduliLindungi kapan pun melalui menu Setting di HP. “Semua akses hanya bisa kami olah dan gunakan jika anda memberikan izin.”

12 Selanjutnya

Pemerintah juga memberi jaminan beberapa data pengguna yang digunakan di aplikasi ini disimpan secara terenkripsi di server PeduliLindungi yang aman dan tidak dibagikan ke publik. Data Anda tidak akan diserahkan atau disebarluaskan kepada pihak lain.

“Kecuali kepada instansi pemerintah yang saat ini ditunjuk dalam menangani pandemi Covid-19, atau karena ketentuan hukum.”

Keamanan Data

Dalam situs ini, juga disebutkan bahwa data pengguna disimpan aman dalam formati terenkripsi. “Tidak akan dibagikan kepada pihak lain,” demikian keterangannya.

Aplikasi disebutkan juga hanya akan merekam data proximity (kedekatan) satu telepon seluler (ponsel) dengan ponsel lainnya dalam format terenkripsi. Aplikasi juga tidak merekam data geolokasi pengguna.

Sedangkan nomor ponsel yang didaftarkan akan direlasikan dengan ID random di dalam server yang aman. “Data tidak akan diakses, kecuali jika pengguna dalam risiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.”

Temuan The Citizen Lab

Lembaga riset The Citizen Lab pada Munk School of Global Affairs & Public Policy, Universitas Toronto, sudah pernah menyoroti aplikasi ini. Ada empat temuan utama mereka yang dirilis akhir 2020, salah satunya aplikasi ini mengumpulkan IP addres, yang bisa mengidentifikasi perangkat atau pengguna, tapi tidak diperlukan dalam tracing.

Tak hanya terhadap aplikasi PeduliLindungi, riset juga dilakukan pada aplikasi sejenis di Filipina (StaySafe PH dan COVID-KAYA). Sehingga, Citizen Lab menyebut salah satu prinsip yang harus diikuti oleh pengembang aplikasi ini melindungi para pengguna adalah data minimization.

“Aplikasi harus mengumpulkan sesedikit mungkin informasi yang diperlukan untuk tujuan awal (tracing),” tulis peneliti dikutip dari laman resmi citizenlab.

Jaminan Pemerintah

Aplikasi ini sudah diluncurkan sejak Maret 2020, tapi saat inilah penggunannya terus diperluas. Aplikasi ini diatur melalui Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2020. “Saya tegaskan bahwa aplikasi ini aman,” kata Menteri Komunikasi Johnny G. Plate beberapa bulan usai peluncuran.

Sementara, Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid ikut merespons berbagai temuan dari Citizen Lab ini soal aplikasi Pedulilindungi. “Itu kan tahun lalu ya, so situasinya mungkin sudah sangat berubah sekarang, kami cek ya,” kata dia saat dihubungi, Sabtu, 28 Agustus 2021.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "5 Hal Soal Keamanan Data Pribadi di Aplikasi PeduliLindungi"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *