5 Alasan Harus Mengasuransikan Cincin Tunangan

5 Alasan Harus Mengasuransikan Cincin Tunangan

Setiap wanita tentu mendambakan pertunangan yang romantis lengkap dengan cincin yang indah dan bermakna. Pertanyaan berikutnya adalah haruskah Anda mengasuransikan cincin tunangan Anda? Menurut para ahli, ya. Apakah perhiasan baru itu adalah potongan perhiasan yang elegan, potongan oval yang tak lekang oleh waktu, atau cincin di sisi minimalis, itu mungkin mahal, dan akan menjadi kerugian finansial bagi Anda dan pasangan jika hilang atau dicuri.

Menurut ahli permata dan ahli berlian Olivia Landau dari The Clear Cut, cincin pertunangan modern cenderung mulai dari sekitar USD 5.000 atau sekitar Rp 72 juta dan dapat melebihi USD 500.000 atau sekitar Rp 7,2 miliar. Landau juga membagikan beberapa alasan harus mengasuransikan cincin tunangan.

1. Potensi Kehilangan atau Pencurian

Landau berbagi bahwa manfaat terbesar untuk mengasuransikan cincin tunangan Anda adalah jika cincin itu pernah hilang atau dicuri. Tentu saja tidak ada yang mau memikirkan skenario terburuk ini segera setelah tunangan, tetapi jika Anda memiliki asuransi, Anda dilindungi dan tidak perlu khawatir.

“Meskipun Anda tidak dapat mengganti nilai emosional dan sentimental dari cincin tersebut, asuransi memungkinkan Anda untuk mengganti nilai dari cincin tersebut,” jelas Landau, seperti dilansir dari laman Real Simple.

2. Perlindungan Kerusakan

Sama seperti Anda akan membeli asuransi pemilik rumah jika terjadi kerusakan akibat badai, asuransi untuk pesta pernikahan Anda bekerja dengan cara yang sama.

Ronnie Agami, pemilik Universal Diamonds, berbagi bahwa asuransi untuk menutupi biaya cincin pertunangan yang rusak adalah alasan umum lainnya untuk mengasuransikannya, selain kehilangan atau pencurian. Agami menjelaskan bahwa meskipun jarang, berlian bisa pecah atau pecah, jadi sebaiknya ditutup untuk berjaga-jaga.

3. Asuransi perjalanan

Seperti yang akan dibuktikan oleh sebagian besar pelancong, apa pun bisa terjadi saat Anda berada di jalan atau di udara. Meskipun Anda dapat memilih untuk menyimpan perhiasan Anda yang lebih bagus di rumah saat jet-setting, banyak pengantin baru atau orang yang baru bertunangan menyukai kesempatan untuk memakai cincin baru mereka di tempat baru — apakah itu di bulan madu mereka atau di tempat lain.

Dengan membeli asuransi untuk berlian Anda, Anda dapat merasa nyaman mengetahui bahwa jika sesuatu terjadi pada perjalanan Anda berikutnya, cincin Anda ditanggung saat kembali ke rumah.

4. Efektivitas biaya

Sebagian besar pembelian dewasa besar datang dalam satu paket di mana pembeli juga harus membeli asuransi. Pikirkan membeli mobil baru, memulai usaha bisnis yang menarik, menandatangani rumah pertama Anda, dan lainnya. Asuransi biasanya merupakan pembelian kedua setelahnya. Jadi mengapa tidak memperlakukan perhiasan Anda dengan perawatan dan kehati-hatian yang sama?

Meskipun Anda tidak perlu membeli asuransi untuk cincin pertunangan Anda, jika Anda melakukannya, Anda akan terkejut dengan efektivitas biayanya, kata Landau. Ketika Anda memikirkannya, dia menjelaskan, asuransi adalah untuk melindungi investasi baru Anda. Membeli asuransi untuk cincin pertunangan Anda hemat biaya mengingat harga berlian yang tinggi dibandingkan dengan biaya asuransi minimal yang diperlukan.

5. Kedamaian Pikiran

Terkadang, menghibur diri dengan mengetahui sesuatu yang diasuransikan adalah manfaat terbesar dari semuanya. Landau berbagi bahwa memiliki cincin pertunangan yang diasuransikan memungkinkan Anda untuk memakainya tanpa berpikir jika terjadi sesuatu setiap kali Anda memakainya. “Memiliki asuransi memungkinkan Anda untuk memakai cincin Anda tanpa khawatir sepanjang waktu,” jelasnya.

Cincin tunangan Anda, bagi banyak orang, mungkin merupakan perhiasan pertama yang pernah Anda asuransikan. Anda pasti ingin memastikan cincin itu bernilai penuh. Agami menyampaikan bahwa Anda harus melakukannya melalui perusahaan asuransi terkemuka seperti Chubb, Pure, Travelers, atau Jeweler’s Mutual. “Saya lebih suka perusahaan asuransi yang membiarkan konsumen memilih berlian pengganti,” tambah Agami.

Agami selanjutnya menjelaskan bahwa, sama seperti jenis cincin yang Anda beli adalah keputusan pribadi, begitu pula perusahaan asuransi yang Anda pilih untuk mengasuransikan cincin tersebut. Jika sesuatu terjadi, Anda tidak ingin perusahaan asuransi memutuskan cincin atau berlian baru apa yang akan Anda dapatkan.

Terakhir, jika Anda bertanya-tanya apakah pasangan Anda harus diberi tahu bahwa cincin itu diasuransikan, jawabannya, sekali lagi, adalah ya. “Tentu saja,” kata Landau. “Menikah adalah kemitraan, dan sangat menyenangkan untuk berbagi bahwa Anda telah mengasuransikan cincin Anda.”

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Harus Mengasuransikan Cincin Tunangan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *