3 Olahraga yang Bisa Dilakukan Usai Makan Terlalu Banyak

3 Olahraga yang Bisa Dilakukan Usai Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak membuat Anda merasa mengantuk, lemas atau kembung. Namun ada cara yang lebih baik untuk melawannya daripada menjatuhkan diri di sofa atau tidur sian, yaitu dengan berolahraga.

Berolahraga setelah makan terlalu banyak sebenarnya dapat membantu pencernaan, memompa sirkulasi, dan memberi Anda sedikit energi. Berikut ini yang disarankan oleh ahli nutrisi saat Anda makan terlalu banyak.

1. Lakukan Yoga

Jika Anda mengalami food coma, olahraga yang intens mungkin terlalu agresif. Tapi yoga bisa membuat perut Anda bergerak dan tubuh Anda kembali normal dalam 15 menit. Instruktur yoga Tamal Dodge, menunjukkan dua pose yoga yang mudah, khususnya, yang dapat Anda lakukan untuk membantu pencernaan dan meningkatkan tingkat energi Anda.

Pertama: “pose mudah” atau sukhasana. Untuk memulai latihan ini setelah makan terlalu banyak, duduklah dengan menyilangkan kaki di lantai atau, jika ada, di atas bantal meditasi. “Letakkan tangan Anda di lutut, tarik perut, dan angkat dada, putar bahu ke belakang dan ke bawah; tutup mata selama satu hingga dua menit,” kata Dodge, seperti dilansir dari laman Shape.

Latihan kedua setelah makan terlalu banyak? Anuloma viloma atau pernapasan hidung alternatif. Mulailah duduk di sukhasana lalu letakkan tangan kiri di lutut kiri, buka telapak tangan kanan, dan tarik ke bawah jari telunjuk dan jari tengah kanan. Tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan, ambil napas dalam-dalam melalui lubang hidung kiri yang terbuka.

Pada bagian atas tarik napas, tutup lubang hidung kiri dengan jari manis dan kelingking sehingga kedua lubang hidung tertutup. Jeda sebentar, lalu gerakkan ibu jari kanan dari lubang hidung kanan dan buang napas dari lubang hidung kanan. Buka lubang hidung kanan dan tarik napas melalui lubang hidung kanan. Di atas tarik napas, tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari dan jeda. Buang napas dari lubang hidung kiri dan tarik napas melalui lubang hidung kiri. Kemudian tutup dan hembuskan keluar dari kanan. “Teruslah seperti ini, tarik dan hembuskan napas dari setiap lubang hidung selama satu menit. Ulangi dua hingga tiga kali,” katanya.

Adapun mengapa yoga bisa menjadi olahraga yang membantu setelah makan terlalu banyak? Pertama, yoga telah terbukti menurunkan stres dan kecemasan serta meningkatkan relaksasi di antara para peserta. Respon menenangkan yang dipicu oleh yoga dapat membantu mendorong tubuh untuk “beristirahat dan mencerna,” Ed Levine, M.D. seorang ahli gastroenterologi, sebelumnya mengatakan kepada Shape.

2. Berjalan kaki

Salah satu cara mudah untuk membuat makan malam Anda lebih baik adalah dengan melakukan beberapa latihan kardio yang mudah dan berdampak rendah. Baik itu tamasya cepat di sekitar blok atau berjalan-jalan lebih lama di lingkungan sekitar, berjalan adalah olahraga yang baik setelah makan terlalu banyak, kata Ariane Hundt, pelatih dan pendiri Brooklyn Bridge Boot Camp yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Itu karena penelitian menunjukkan jalan kaki dapat membantu mempercepat waktu yang dibutuhkan makanan untuk berpindah dari lambung ke usus kecil. Dan pencernaan yang lebih cepat telah dikaitkan dengan tingkat gejala mulas dan refluks asam yang lebih rendah, menurut Time.

3. Fokus bagian inti tubuh

Dengan melakukan latihan inti seperti plank atau crunch setelah makan terlalu banyak sebenarnya dapat membantu meringankan kesulitan setelah makan malam. Begini masalahnya: Otot inti yang kuat dapat membantu memastikan pergerakan usus yang sehat, menurut internis gastroentrologis, Niket Sonpal. Plus, inti yang kuat cukup penting untuk setiap aktivitas yang Anda lakukan.

RiefaniJadilah teman ceritaku, teman marahku, teman bercandaku, teman mainku, teman berjuangku, dan jadilah satu-satunya teman hidupku.

Posting Komentar untuk "3 Olahraga yang Bisa Dilakukan Usai Makan Terlalu Banyak"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *